Arti Sebuah Motto Hidup

Perbedaan antara motto hidup dengan motivasi hidup.

Motto hidup atau slogan kehidupan adalah sebuah pegangan yang selama ini menjadi prinsip hidup. Prinsip itu harus tetap bisa kita jadikan dasar, baik dalam kondisi senang maupun susah, meski gagal ataupun berhasil.

Motivasi hidup adalah sebuah kalimat yang mampu membangkitkan kembali semangat seseorang yang telah mengalami keterpurukan maupun stagnasi (kebekuan, kesendatan).

Motivasi dan motto hidup adalah dua hal yang hampir sama, namun berbeda.

Kriteria sebuah motto hidup. Menurut saya kalimat penyusun motto hidup harus memiliki syarat sebagai berikut:

1. Kalimat pembentuk motto hidup harus bersifat menggiatkan
2. Kalimat pembentuk motto hidup harus menghindari kata-kata negatif
3. Kalimat penyusun motto hidup tidak mengenal batas kedaluwarsa

Sebagai contoh, saya memiliki dua kalimat yang selama ini menjadi motto hidup saya. Dua susunan kalimat tersebut, yaitu

"WAKTU YANG TERBAIK ADALAH SAAT INI JUGA" dan "MENJADI PEMENANG KEHIDUPAN".

Bagi saya, struktur kata-kata diatas telah memiliki kriteria sebagai motto hidup.

Kalimat tersebut bersifat menggiatkan karena memacu saya untuk tidak menunda-nunda melakukan suatu kebaikan.

Kalimat tersebut juga tidak mengandung kata-kata negatif yang bisa bersifat melemahkan, seperti kata kegagalan, keterpurukan, kemunduran, atau kesulitan.

Kita harus menghindari pemakaian kata-kata tersebut karena dapat memberikan efek negatif bagi semangat dan keinginan kita untuk terus maju.

Dengan dua motto hidup yang saya miliki, apa pun kondisi saya, dalam keadaan sehat ataupun sakit, saya tetap bisa berusaha mewujudkan motto hidup itu dalam sebuah perbuatan. Dimana pun  saya berada, motto hidup yang dimiliki tetap bisa saya jadikan pegangan. Motto hidup tersebut juga mampu membuat saya untuk selalu bersemangat dari waktu ke waktu. Hanya saja perlu diingat, sebuah motto hanya berupa susunan kata-kata. Motto hidup tidaklah bermakna, apabila Anda tidak berusaha mewujudkannya. Menjadikan motto hidup sebagai prinsip dan pegangan dalam menjalani aktivitas harus mutlak dilakukan sehingga hidup Anda lebih berwarna dan berarti.

Nah, sekarang apa motto hidup Anda? Tuliskan dalam ruang di bawah ini !

Motto hidup saya adalah




Referensi:
Menjadi Pemenang Kehidupan - Rahasia Mencapai Apa pun yang Anda Inginkan oleh Dhony Firmansyah dan Istikumayati (Penerbit Leutika) halaman 15-17 ,dengan editan
http://punyaridwan.files.wordpress.com/2011/11/pulang-kerja.jpg?w=240&h=175


2 komentar:

  1. Silahkan di kunjungi ya teman teman 100% Memuaskan
    > Hoki anda ada di sini <
    1 USER ID UNTUK SEMUA GAME
    Kami memberi bukti bukan Janji
    Daftar sekarang juga di www.dewalotto.club
    MIN DEPO & WD HANYA Rp.20.000,-
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    WHATSAPP : ( +855 69312579 ) 24 JAM ONLINE
    MELAYANI TRANSAKSI VIA BANK :
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON-NIAGA
    Raihlah Mimpi Anda Setiap Hari & Jadilah Pemenang !!!

    BalasHapus

  2. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.cc
    dewa-lotto.vip

    BalasHapus