Tangga Kepemimpinan {3}


Tangga ke-3 : Pembimbing





Dan orang yang membawa kebenaran (Muhammad) dan membenarkannya, mereka itulah orang-orang yang bertakwa. (Q.S. Az-Zumar: 33)

Seorang pemimpin yang berhasil bukanlah karena kekuasaannya, tetapi karena kemampuannya memberikan motivasi dan kekuatan kepada orang lain.

Seorang pemimpin bisa dikatakan gagal apabila tidak berhasil memiliki penerus.

Tangga Pertama akan menghasilkan pemimpin yang dicintai. Tangga kedua akan menghasilkan pemimpin yang memperoleh kepercayaan karena integritasnya dan pada tangga ketiga ini akan tercipta loyalitas, kader-kader penerus dan sekaligus meraih kesetiaan dari para pengikutnya.

Ada tiga hal yang harus diperhatikan pada Tangga ketiga  yaitu::

1. Anak yang shaleh, artinya sumber daya manusia yang berkualitas
2. Amal jariyah, artinya sarana dan prasarana
3. Ilmu yang Bermanfaat. 60

Syarat yang harus dimilki untuk mengembangkan orang lain, disamping sudah melewati tangga pertama yaitu memilki rasa kemanusiaan yang tinggi dan tangga kedua yaitu memiliki integritas, komitmen dan konsistensi.maka yang terpenting adalah harus memiliki kejernihan hati.Syarat selanjutnya yaitu bersikap rahman dan rahim kepada orang lain secara tulus. Ini adalah salah satu syarat yag terpenting sebagai modal dalam hubungan sosial anda, yang mendahulukan upaya sebelum menunggu hasil.

Kemudian, seorang pemimpin yang telah mencapai tangga ini harus menyadari bahwa setiap kata dan langkahnya akan memberikan pengaruh yang kuat kepada orang lain.

Rasulullah sering memberi nasehat, petunjuk, serta contoh kepada para sahabatnya untuk membimbing mereka guna mecapai kebahagiaan. Beliau telah menyampaikan nasehat-nasehat yang berharga, seperti halnya Ali bin Abi Thalib radhiallahu 'anhu dan Abu Hurairah radhiallahu 'anhu. Ali bin Abi Thalib adalah kader yang pertama kali menjadi seorang pemimpin besar.Di dalam sejarah perkembangan Islam .Dia menjadi salah seorang "Khulafaur Rasyidin" yang sangat disegani dan dihormati serta memiliki pengaruh yang sangat kuat. Sedangkan Abu Hurairah radhiallahu 'anhu amat menonjol sebagi ahli hadits Rasulullah sebanyak tidak kurang dari 5364 buah hadits.61








Sesungguhnya jawaban oran-orang mu'min, bila mereka dipanggil kepada Allah dan rasul-Nya agar rasul menghukum (mengadili) di antara mereka  ialah ucapan. "Kami mendengar, dan kami patuh". Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.(Q.S. An-Nuur: 51)

Catatan Kaki:
60K.H. Habib Adnan dan Sigit Sunaryanto, "Pemikiran Islam" (Prasaran yang disampaikan dalam diskusi Masika, Denpasar, 2009), halaman 2.
61K.H. Firdaus A.N., Detik-detik Terakhir Kehidupan Rasulullah, (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2000), halaman 26)

Referensi:
http://abufurqan.com/wp-content/uploads/2011/09/alquran.jpg
http://suryanaoky.blogspot.com/p/al-quran-digital_12.html
Buku Tentang ESQ 165 halaman 106 - 108 ,dengan beberapa editan

2 komentar:

  1. Silahkan di kunjungi ya teman teman 100% Memuaskan
    > Hoki anda ada di sini <
    1 USER ID UNTUK SEMUA GAME
    Kami memberi bukti bukan Janji
    Daftar sekarang juga di www.dewalotto.club
    MIN DEPO & WD HANYA Rp.20.000,-
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    WHATSAPP : ( +855 69312579 ) 24 JAM ONLINE
    MELAYANI TRANSAKSI VIA BANK :
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON-NIAGA
    Raihlah Mimpi Anda Setiap Hari & Jadilah Pemenang !!!

    BalasHapus
  2. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.cc
    dewa-lotto.vip

    BalasHapus