7 Alasan Mengenai Pentingnya Khusyuk dalam Shalat





Berikut adalah 7 alasan mengenai pentingnya khusyuk dalam shalat.

  1. Shalat adalah doa

    Secara harfiah,shalat adalah doa.Semua bacaan dalam shalat berisi doa.Dalam ajaran Islam,doa menempati posisi sentral.Bahkan,Nabi Muhammad SAW.pernah bersabda jika doa merupakan senjata orang beriman.Oleh karena itu,sebagai seorang muslim kita diwajibkan selalu berdoa kepada Allah Subhanahu Wata'ala.Agar bisa meraih kebahagiaan dunia dan akhirat.
  2. Sarana meminta ampunan

    Kesejukan dalam shalat akan membawa hati untuk bersyukur dan mohon ampun kepada Allah Subhanahu Wata'ala.Tidak terasa,air mata akan mengalir ketika kita shalat dengan khusyuk.
  3. Menjadi dekat dengan Allah

    Jika melaksanakan shalat dengan baik,khusyuk,dan tumaninah,kita akan merasa sedih saat shalat harus berakhir.Rasanya ingin berlama-lama "berbincang" dengan Allah Subhanahu Wata'ala.
  4. Solusi permasalahan hidup

    saat melaksanakan shalat dengan khusyuk,kita akan mampu "menghadirkan" Allah Subhanahu Wata'ala.Kita akan merasa dekat dan akan selalu menjaga diri dari perbuatan-perbuatan tercela.
  5. Melembutkan hati

    Terkadang,hati kita menjadi keras karena kesibukan dalam bekerja atau menghadapi masalah.Dengan shalat khusyuk,hati menjadi lebih lunak karena seringnya berserah diri dan merendah di hadapan Allah Subhanahu Wata'ala.
  6. Melatih kesabaran

    Jika kita melaksanakan shalat dengan tumaninah,khusyuk,dan tidak tergesa-gesa,maka dengan mudah kita akan terlatih untuk sabar pada waktu-waktu di luar shalat.
  7. Menyembuhkan penyakit

    Shalat merupakan terapi rohani untuk kesembuhan.Shalat bisa mencegah naik turunnya hormon kortisol yang berperan sebagai indikator stres.Sebagaimana kita tahu,stres merupakan salah satu faktor utama munculnya penyakit.Jika kita sedang menghadapi masalah dan rasa sakit,shalatlah dengan khusyuk.Dijamin,semua rasa sakit itu akan hilang.
Referensi:
ketika Dosa tak dirasa-Yang Kecil pun Bisa Menjadi Besar oleh Dr.Aam Amiruddin & Redaksi MaPI Halaman 79-80.
http://www.rumahpintar-kembar.com/wp-content/uploads/2011/08/sholat-khusyu.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar