Segera beramal Dan Jangan Ditunda


Seseorang yang memiliki dua saudara yang sedang pergi dan ia menunggu kedatangannya.Salah seorang datang esok hari sementara yang satunya lagi bulan depan atau tahun depan. Sudah pasti ia tidak akan bersiap-siap menyambut saudaranya yang datang bulan atau tahun depan. Akan tetapi, ia akan bersiap-siap menyambut kedatangan saudara yang ia tunggu kedatangannya esok hari. Hal itu berarti,persiapan merupakan hasil dari masa penantian yang sudah dekat.



Umar bin Khaththab ra berkata,”pelan-pelan dalam segala sesuatu yang baik,kecuali dalam amal-amal yang berkaitan dengan akhirat.” Al-Hasan dalam pesannya berkata,”Bergegaslah,Bergegaslah, ia hanya tinggal beberapa hembusan nafas. Jika kalian menahannya, amal-amal yang kalian kerjakan dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT akan terputus.Semoga Allah mengasihi orang yang memikirkan dirinya dan meratapi dosa-dosanya.” Lalu,ia membaca ayat:



“...Karena sesungguhnya Kami hanya menghitung datangnya (hari siksaaan) untuk mereka dengan perhitungan yang teliti.” (Maryam:84)

Maksud beberapa nafas ialah bilangan terakhir ketika nyawamu keluar, ketika berpisah dengan keluargamu, dan ketika kamu dimasukkan ke dalam kubur.

Ali ra berkata,”Sesungguhnya dunia telah pergi berpaling dan akhirat telah datang menghadap.Namun, masing-masing dari keduannya memiliki anak-anak (pengikut). Maka,jadilah kalian anak-anak akhirat dan jangan menjadi anak-anak dunia. Karena, hari ini hanyalah untuk beramal dan tidak ada perhitungan amal, sedangkan besok ialah perhitungan amal dan tidak ada amal.

Referensi:
Tamasya Hati Oleh Dr.Ahmad Farid
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgqvD6v-UdcFnQChrpqQh2VuuLcwSLCtJpiMESZ9AQdpk9_I9_1-X0bwVXC9RihP97ekV-ahPeHBgCtHlqd77bQaBcaO2YJw2_WuU7e0poH2_45xnBvO7kmOAOfgV3fB4S-wuF_VjS1NpyN/s1600/safar.jpg
http://suryanaoky.blogspot.com/p/al-quran-digital_12.html 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar