Cara termudah Untuk Mengatasi Penundaan

Cara termudah untuk mengatasi penundaan amal -ia adalah musuh utama manajemen diri - adalah jangan memberi kesempatan padanya untuk beraksi.Ada dua (2) hal yang mungkin dapat Anda lakukan:

Pertama:tentukan tujuan-tujuan Anda,

sebab biasanya menunda-nunda muncul karena keyakinan bahwa apa yang kita laksanakan tidak benar-benar yang kita inginkan,bahkan boleh jadi akal batin Anda mengirim pesan untuk menegaskan bahwa skala prioritas Anda tidak jelas.

Apabila Anda selalu memikirkan tujuan-tujuan Anda dan skala prioritasnya,serta memusatkan potensi pada hal-hal yang terpenting darinya,maka sangat mungkin Anda tidak akan gelisah dan tidak terganggu oleh sikap menunda-nunda kerja.

Kedua:Biasakan membuat rencana setiap hari dengan memberi pertanyaan pada diri;

'Apa yang ingin engkau selesaikan pada hari ini?'

Tulislah daftar persoalan yang harus Anda lakukan dan laksanakanlah rencana.

Laksanakanlah terlebih dahulu hal-hal yang paling penting.

Apabila Anda telah terbiasa membuat perencanaan dan menyiapkan daftar amal-amal yang akan Anda kerjakan setiap hari,lalu Anda benar-benar melaksanakannya,maka sikap menunda-nunda biasanya dimiliki orang selain Anda.

(Marl A. Douglas,direktor pusat Manajemen Waktu dan guru besar Manajemen pada Fakultas negeri Grand fely.Douglas telah menerbitkan kaset rekaman yang memuat 30 tema lebih tentang Manajemen Waktu.mengutip dari Silsilatu Fanni Idaratil A'mal dengan ada perubahan).

Referensi:
Buku M.Ahmad Abdul Jawwad-manajemen Diri-Panduan Diri & organisasi Buku-2 halaman 24-25

Tidak ada komentar:

Posting Komentar