Tips Menjaga Semangat

  1. Memperbanyak teman, misalnya dengan mengikuti organisasi karena semakin banyak teman, maka akan semakin banyak saingan dalam kuliahmu. Oleh karena itu motivasi akan semakin besar karena adanya kompetisi, baik itu kompetisi dalam mencari teman atau menjadi yang terbaik. Bisa juga temanmu yang akan menyemangatimu saat kamu mulai bosan.

  2. Mengikuti kompetisi-kompetisi yang bermanfaat karena dalam kompetisi itu pasti ada persaingan dan persaingan akan meningkatkan motivasi yang ada pada diri kita.

  3. Ikuti kegiatan training motivasi agar dapat menambah referensi tentang cara agar lebih termotivasi ataupun agar dapat mempertahankan motivasi yang sudah ada.

  4. Bacalah Al-Qur'an dan (minimal) terjemahannya karena di dalam Al-Qur'an terdapat banyak sekali cerita dan eristiwa maupun pelajaran yang dapat membuat kita lebih termotivasi untuk berbuat baik tentunya. Lafal yang kita ucapkan juga akan menentramkan hati.

  5. Bacalah buku-buku tentang motivasi diri (bisa tentang tokoh dan pengalamannya) dan praktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

  6. Berusaha yang terbaik dalam melakukan semua hal, bukannya mempertahankan kelebihanmu, yang itu malah akan membuatmu capek agar terus "jadi sempurna". Hasil sempurna akan dapat dicaai dengan usaha yang sungguh, intinya hargai proses, bukan hasil.
Referensi:
Tazkia- Media Informasi Islam oleh Media Informasi Islam KMFM UGM/Juni 2010/Halaman 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar