Kenapa Enggan Membaca?(1)

Orang yang enggan membaca adakalanya disebabkan oleh faktor yang berkaitan dengan buku itu sendiri atau adanya faktor eksternal.Beberapa faktor eksternal keengganan seseorang untuk membaca adalah sebagai berikut.

1.    Tidak Punya waktu

Mayoritas orang mengatakan bahwa tidak memiliki waktu cukup untuk membaca.Hari-hari pun terus berjalan tanpa ada aktivitas membaca satu buku pun dan tidak mengembangkan wawasan dengan hal-hal yang bermanfaat. 

Tujuan buku ini bukan untuk membicarakan soal manajemen waktu.Untuk itu,hendaknya seseorang merujuk pada buku-buku  yang membahas tentang urgensi dan manajemen waktu sehingga ia dapat mengalokasikan waktu yang cukup untuk membaca.Insya Allah,ia akan mendapatkan semua itu,sebab kebanyakan orang menyiayiakan waktu hanya untuk aktivitas-aktivitas yang tidak penting.Walla^hu a'lam.

2.   Tidak terbiasa membaca pada waktu luang

Fenomena yang patut menjadi bahan renungan adalah penyia-nyiaan waktu luang oleh mayoritas orang dan pemanfaatan waktu luang ini dalam segala hal selain membaca.

Permasalahan psikologi yang utama --menurut pandangan kami--adalah mereka tidak memiliki kesibukan dan enggan membiasakan diri untuk membaca dan menelaah buku.mereka bahkan membiarkan begitu saja waktu mereka yang kosong atau untuk melakukan berbagai kesibukan lain yang tidak bermanfaat. 

Jika mengisi waktu luang termasuk masalah penting yang harus mendapat perhatian maka tak diragukan lagi bahwa masalah ini merupakan problem besar bagi kita.Masalah ini menyebabkan depresi,kekacauan,dan kelemahan.Menurut hemat kami,penyebab semakin ruwetnya masalah ini adalah (kegiatan) membaca itu sendiri jauh dari aktivitas dan perhatian manusia.Disisi lain,membaca juga belum dapat mengatasi permasalahan perihal mengisi waktu luang.(Majalah Al-Mu'alim Al-Arabi,edisi 1 dan 2 tahun 15,hal 27).  

Referensi:
Buku SMART READING FRO MUSLIM-kiat cepat dan tepat menguasai bacaan oleh Dr.Muhammad Musa Asy-syarif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar