Sembilan belas(19) nasihat demi tercapainya manajemen waktu yang sukses

It is not the hours put in,but it is what we put in the hours.

Tidaklah penting berapa jam anda bekerja,tetapi yang penting adalah apa yang Anda kerjakan pada jam-jam itu?

Al idarah faiqatus sura’ah kaifa tuhakqiqu qashbas sabaq laka wa limunadzdzamatik
Jhon jhones,1993.8

Berikut 19 nasihat demi tercapainya manajemen waktu yang sukses:

1.Jelaskan target Anda terlebih dahulu,kemudian tuliskanlah!
Tentukan prioritas dan yakinlah bahwa Anda pasti akan bisa meraih apa yang ingin Anda realisasikan dalam kehidupan Anda!

2.Berkonsentrasilah pada target dan bukan pada aktivitas!
Sesungguhnya,aktivitas yang terpenting bagi Anda adalah aktivitas yang bisa merealisassikan target-target Anda.

3.Tetapkanlah minimal satu target dalam setiap harinya dan berusahalah untuk merealisasikannya!

4.Catatlah waktu Anda secara berkala,sehingga Anda bisa menganalisa bagaimana cara Anda mendayagunakan waktu!Di samping itu,Anda bisa menghindarkan diri dari kebiasaan menyia-nyiakan waktu yang sangat bururk dalam kehidupan anda.

5.Analisalah segala sesuatu yang telah Anda lakukan,apakah bisa merealisasikan target-target anda.Anda harus mengetahui apa yang Anda lakukan,kapan dan mengapa anda melakukannya! Bertanyalah selalu kepada diri Anda,apa dampak buruk yang akan terjadi bila pekerjaan ini tidak terlaksana.jika jawabannya tidak akan terjadi apa-apa,maka hendaknya anda segera meninggalkan pekerjaan ini secepatnya!

6.Jauhkan diri Anda,minimal dari satu sebab kuat yang membuat Anda menyia-nyiakan waktu dalam setiap pekanya!

7.Aturlah waktu Anda dan rancanglah strategi untuk setiap pekan.
Kemudian,bertanyalah pada diri Anda tentang harapan yang ingin Anda realisasikan di akhir pecan,serta apa yang seharusnya Anda lakukan untuk merealisasikan hal itu!

8.Tulislah daftar aktivitas sehari-hari Anda!Pastikan bahwa hal itu sudah mencakup target harian Anda!catatlah berbagai prioritas dan waktu yang diperkirakan untuk setiap aktivitas.Jangan sekali-kali Anda mengandalkan aktivitas yang sporadis dan spontanitas!

Buatlah jadwal untuk Anda sehari-hari,sehingga Anda bissa memastikan bahwa Anda telah merealisasikan berbagai hal yang penting.Jangan lupa menyisakan waktu utnuk hal-hal tak terduga atau yang membutuhkan waktu yang panjang!Kendati demikian,Anda harus ingat bahwa berbagai hal yang telah Anda tetapkan dalam jadwal hendaknya mendapatkan porsi waktu yang cukup untuk melaksanakannya.Jangan sampai anda justru memberikan porsi waktu banyak untuk hal-hal yang tidak anda tetapkan dalam jadwal!

9.Pastikan bahwa jam pertama dari aktivitas harian Anda benar-benar menghasilkan sesuatu yang konkret!

10.Tetapkan batasan waktu untuk setiap aktivitas yang Anda lakukan!

11.Ambilah waktu yang memadai untuk melakukan aktivitas Anda secara baik pada kali yang pertama,dari pada Anda harus membuang-buang waktu dengan mengulanginya di waktu lain!

12.Jauhkanlah berbagai permasalahan laten dari kehidupan Anda.Hendaknya anda mengetahiu mengapa permasalahan ini masih terus berlarut-larut dan diliputi selimut kesalahan.Biasakanlah diri Anda untuk memulai aksi daripada melakukan reaksi!

13.Hendaknya anda mengkhususkan satu jam yang tenang dalam setiap hari,atau mengkhususkan waktu luang yang tidak boleh terusik oleh aktivitas apa pun,untuk berpikir dan merenungkan berbagai aktivitas penting Anda!

14.Hendaknya anda menumbuhkan kebiasaan untuk menyelesaikan pekerjaan yang telah Anda mulai,dan jangan meloncat dari satu pekerjaan—sebelum menyelesaikannya—kepada pekerjaan yang lain!

15.Perangilah kebiasaan menunda-nunda,karena kebiasaan ini tak ubahnya seperti pedang yang akan membunuh tekad dan kemauan.Hendaknya Anda mengetahui dengan yakin dan penuh percaya diri tentang bagaimana cara Anda menyelesaikan pekerjaan Anda sekarang juga!

16.Jadikan manajemen yang baik terhadap waktu sebagai kebiasaan sehari-hari.Tetapkanlah target-target Anda,jelaskan berbagai prioritasnya,rancanglah strategi dan jadwal waktu Anda,serta bekerjalah sesuai dengan prioritas!cegahlah keinginan Anda untuk melakukan berbagai hal diluar jadwal,dan kajilah kembali semua pekerjaan Anda secara terus-menerus!

17.Jangan menghabiskan waktu utnuk melakukan hal-hal yang memiliki urgensi rendah,padahal Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut utnuk melakukan berbagai aktivitas yang memiliki urgensi yang sangat tinggi!

18.Ambillah waktu khusus untuk diri Anda sendiri;waktu untuk bermimpi,waktu untuk refreshing,dan waktu utnuk kehidupan privasi Anda!

19.Kembangkanlah falsafah pribadi Anda mengenai waktu;apa yang dimaksud dengan waktu bagi Anda,dan bagaimana keterkaita waktu itu dengan kehidupan dan kesuksesan Anda!

(Marin E Haynes.Personal Time Management.Losaltos.California:Crisppublications inc.di nukil dari program pelatihan”Al Idarah al fa’alah lilwaqti wat tafwidh”syarikat al khibrat ad-dauliyah al mutakamilah Totality,hal.50-52)

Referensi:
Manajemen Diri-Panduan Sukses Diri & Organisasi Buku-2 oleh M. Ahmad Abdul Jawwad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar