Kenapa Enggan Membaca?(2)

3.   Terlalu banyak nonton TV dan
      Media sejenisnya

Televisi,berbagai kaset audio visual ,TV kabel dengan aneka macam chanelnya menyajikan ragam acara siang dan malam.Semua itu bisa memalingkan masyarakat dari membaca.

Berdasarkan penelitian UNESCO disebutkan bahwa manusia zaman sekarang setiap hari menghabiskan lebih dari tiga jam didepan layar kaca.Angka yang disebutkan UNESCO ini juga berlaku bagi pemuda di negara Arab .Sebagai komparasi ,menurut hemat kami,penting kiranya melihat rata-rata durasi waktu yang dimanfaatkan mahasiswa untuk menelaah buku.Dan hasilnya sebagai berikut:

NegaraDurasi waktu
Kuwait1 jam 15 menit
Arab Saudi1 jam 30 menit
Mesir1 jam 30 menit
Syria1 jam 45 menit
Libanon3 jam 15 menit

Catatan terpenting yang terungkap pada tabel diatas bahwa ternyata waktu yang digunakan untuk membaca di lima negara diatas- lebih rendah daripada waktu yang digunakan untuk duduk didepan layar kaca.(Riset harian Al-haya^h edisi 1252,5 Shafar 1418 H)

Penting juga untuk diketahui bahwa keberadaan komputer ternyata telah menyita banyak waktu para cendikia yang diberi tugas untuk mengadakan penelahaan secara luas dan pembacaan secara kontinu.

 4.   Keasyikan nonton sepak bola

Perhatian mayoritas kita terfokus pada olahraga.mereka menyaksikan klub-klub kesayangannya dan menyimak beritanya secara berlebihan. hal itu tentu bisa berdampak buruk karena mereka tidak memiliki waktu lagi untuk membaca.

Referensi:

Buku SMART READING FRO MUSLIM-kiat cepat dan tepat menguasai bacaan oleh Dr.Muhammad Musa Asy-syarif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar